Home > Jazz di Bulan Ramadhan

Jazz di Bulan Ramadhan

Bagaimana kehidupan Jazz dibulan Suci Ramadhan yang penuh Hikmat ini ? Alhamdulillah ternyata dari pengalaman dari tahun ke tahun bersama komunitas jazz kemayoran (kjk) dengan segala kegiatannya, Jazz di Bulan Ramadhan ternyata tetap berjalan, dan bahkan khas Ramadhan, artinya Khas event beragam tersebut namanya disandingkan dengan atribut Ramadhan maupun Religi. Misalnya selama satu bulan di the Hive lt.2 tepatnya di foodcourt wikiwiki wook, kjk dengan disupport oleh DDW Production dan tentunya bekerja sama dengan Pengelola Tempat, mengadakan Reguler Jazz dari hari Senin s.d Jumat, dan ditambah 2 kali acara buka bersama kjk ditempat tersebut, dan acara tersebut diberi tajuk “RETRO RAMADHAN”. Ada 3 band dari KJK di wikiwiwok yang bermain regular secara bergantian “Lanie and the Bees, Dave and the Hollow Ensamble, serta Tiwuk and Friends. kemudian KJK Bekerja sama dengan Mal Ciputra Jakarta, menggelar 7 kali penampilan setiap hari Selasa dan Sabtu s.d 3 Agustus, disupport oleh band band sebagai berikut: “ Raras Ocvi and Friends, Beben Jazz and Friends, OCD, Lanie and the Bees, AYA dan Yudi Brown and Friends, dan Mal Ciputra member nama acaranya dengan “BEAUTY RAMADHAN” . Dan tentunya yang sudah menjadi agenda rutin bagi para pecinta jazz pada bulan Ramadhan adalah acara yang sudah digelar untuk ke-4 kalinya “RAMADHAN JAZZ” yang diadakan pada tanggal 11,12 Juli 2014 di halaman Mesjid Cut Meutia, dan pada Jumat 11 Juli Beben Jazz and Friends (kjk) berkesempatan Tampil dalam acara tersebut, dan pada 12 Juli nya Tiwuk and Friends pun, vokalis muda potensial yang notabene juga besar di lingkungan kjk Turut Tampil memeriahkan acara tersebut, dan pada pre-event di atamerica sempat tampil juga Nado Project, yang beranggotakan Jazzer2 muda asal kjk.

Diluar acara bermain, kegiatan yang bentuknya lebih kepada Seminar/Talkshow juga terus berlangsung, misalnya kegiatan yang diadakan oleh FISIP UIN pada hari Rabu 16 Juli, dengan tema “Musik dan Sastra sebagai alat Diplomasi”, dengan Beben Jazz (kjk), Patrick J. Wilson (USA Embassy), Taufiqurrahman, (The Jakarta Post), Nuran Wibisono (The Jakarta Bear) sebagai Pembicara. Diskusi berjalan seru namun santai dari jam 16.00 s.d 20.00, Dan acara diskusi akhirnya berkembang menjadi acara Workshop Jazz bersama Beben Jazz, dengan sebelumnya didahului penampilan Oleh Patrick yang bermain sambil menyanyikan 3 lagu blues, dan pada lagu ketiga bergabung Beben Jazz, kemudian Beben Jazz juga berjam session bersama mediator Rico dan beberapa anak UIN lainnya membawakan lagu “ Autumn Leaves”

Dan dalam bulan Ramadhan kjk juga tetap mengadakan acara bulanannya yang ke-124 di Maitrin Café, pada hari Jumat 25 Juli, dengan acara nonton bareng, diskus, perform dan jam session.

Jadi bisa dibilang hampir sebulan penuh kegiatan jazz pada bulan Ramadhan terus bergaung “tidak sepi Job, kegiatan beribadah terus bisa berjalan seiring dengan kegiatan nge-Jazz, dan bukankah membahagiakan orang melalui Jazz juga merupakan suatu cara “Jazzer untuk beribadah. Dan sesungguhnya bukan rahasia umum dikalangan musisi, yang susah dalam bermusik adalah bermain dengan PAS, sesuai kebutuhan komposis, Lagu. Dan musisi untuk dapat bermain PAS, hakekatnya adalah harus ber-PUASA, alias Mengendalikan diri. Nah ini yang susah katanya, musisi harus dapat mengendalikan Ego nya bermain secara bijaksana dan Dewasa. Sikap BERPUASA, adalah bentuk latihan yang sangat baik untuk itu.

Marilah kita laksanakan Ibadah Puasa ini dengan semaksimal mungkin, tentunya bagi rekan musisi yang muslim, dan jadikan Puasa ini sebagai Latihan untuk nantinya lebih dapat mengendalikan diri dalam kehidupan sehari hari, maupun saat bermain, baik di bulan Puasa maupun diluar Bulan Puasa.Aamiin.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa.

Beben jazz

Suka halaman ini? Beritahu teman: